Dokumen SOP

Standar Operasional Prosedur (SOP) adalah dokumen yang berkaitan dengan prosedur yang dilakukan secara kronologis untuk menyelesaikan suatu pekerjaan yang bertujuan untuk memperoleh hasil kerja yang paling efektif dari para pelaku organisasai. Mengingat Universitas Katolik Darma Cendika berkomitmen untuk mengimplementasikan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015, maka penyusunan SOP mengacu pada ketentuan dalam ISO 9001:2015 tersebut. Seluruh SOP yang dimiliki oleh Universitas Katolik Darma Cendika dapat dilihat dibawah ini.

Klausul 4 – Konteks Organisasi. Dalam klausul ini terdapat beberapa SOP Perencanaan Pengembangan Organisasi serta SOP Proses Bisnis Organisasi Universitas Katolik Darma Cendika – Silahkan download.

Klausul 5 – Kepemimpinan. Dalam klausul ini berisi: SOP Penetapan Kebijakan Mutu Institusi, SOP Mengkomunikasikan Kebijakan Mutu (sosialisasi/diseminasi); SOP Identifikasi Kebutuhan Kompetensi SDM sesuai Standar Mutu – silahkan download.

Klausul 7 – Sumberdaya. Dalam klausul ini berisi beberapa SOP yang terkait dengan perencanaan, penetapan dan pelaksanaan terkait dengan sumberdaya manusia, sumberdaya keuangan, sumberdaya infrastruktur dan utilitas institusi – silahkan download.

Klausul 8 – Operasional. Dalam klausul ini berisi beberapa SOP yang dipergunakan untuk operasionalisasi institusi perguruan tinggi – silahkan download.

Klausul 9 – Evaluasi (Performance Evaluation). Dalam klausul ini berisi beberapa SOP yang dipergunakan dalam melakukan evaluasi kinerja institusi seperti SOP Audit Mutu Internal (AMI), SOP Refleksi Karya/Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) dan SOP Evaluasi Kinerja lainnya  – silahkan download.

Klausul 10 – Peningkatan. Dalam klausul ini berisi SOP yang dipergunakan untuk meningkatkan mutu atau perbaikan mutu – silahkan download.